Posted March 12, 2013 by justjustia in Fun Trip
 
 

Wisata Indonesia: Jalan-Jalan di Kerajaan Siak Sri Indrapura

wisata indonesia Kerajaan-Siak
wisata indonesia Kerajaan-Siak

Bercerita tentang wisata Indonesia tentu tak lepas dari sejarah, mungkin Indonesia bisa dijuluki negara 1001 Kerajaan. Semua kerajaannya berdiri kokoh dan kuat pada masanya, dan disegani oleh wilayah-wilayah lain. Bukan kerajaan ecek-ecek lah.  Semoga sekarang negara kita juga bukan dianggap negara ecek-ecek ya oleh negara lain. (emoticon menjulurkan lidah) hahaha. Amin.

Pesona Wisata Indonesia di Kerajaan  Siak Sri Indrapura

Nah, salah satunya adalah kerajaan Siak Sri Indrapura, yang berada di Kabupaten Siak, Riau. Dapat ditempuh sekitar 2-2,5 jam perjalanan darat dari Pekanbaru. Kerajaan ini merupakan Kerajaan Melayu Islam di kawasan Johor. Nama dari Kerajaak Sri Indrapura bermakna, Sri : Bercahaya, Indra : Raja, Pura : Kota. Jadi bisa di katakana Sri Indrapura berarti Kota Raja yang Bercahaya. Wow, emejing!

Mungkin kerajaan ini belum populer sebagai salah satu tujuan wisata Indonesia, namun banyak keunikan yang ditemukan di kerajaan melayu Islam yang didirikan oleh Sultan Abdul Jalil pada tahun 1723. Termasuk mengapa akhirnya kerajaan ini diserahkan pada Republik Indonesia pada tahun 1949. Karena kerajaan ini dulunya terkenal sebagai kerajaan bahari yang kuat, Sultan pernah bertandang ke Jerman. Bayangin deh kalo sekarang ke jerman aja bisa kena jetlag, ini ke jerman pake perahu layar selama berbulan-bulan, mungkin namanya layarlag. Maafkan, garing. Nah hasil dari kunjungannya ini, beliau membawa pulang sebuah alat musik terbesar dan terberat yaitu “Komet”. Wow emejing lagi!

Jadi konon kabarnya, alat musik ini cuma ada 2 di dunia. Yang satu di Siak, dan yang satu lagi di Jerman. Nah, yang di Jerman ini lebih kecil daripada yang di Siak, dan sekarang udah rusak lho sodara-sodara. Sedangkan yang di Siak, gue masih sempat mendengarkan karena saat kemarin berkunjung kesana, diperdengarkan. Musik yang ada macam Mozart, Beethoven, dll.  Satu piringan lagu aja, itu bikinnya 1 tahun!!wow emejing, kita harus berbangga yaa punya alat musik terbesar dan terberat di dunia.

Fakta berikutnya yang menarik adalah, Sultan Syarif Kasim II akhirnya menyerahkan Kerajaan Siak Sri Indrapura ke Republik Indonesia. Beliau memiliki anak tiri dari istrinya yang ke empat.  Anak tiri dari istri keempatnya adalah ibu dari Eric Scada. Do you know who is Eric Scada??????? Yap, dia adalah artis di era tahun 90-an dan mantan suami dari artis cantik Lyra Virna. Jadi Eric Scada adalah cucu tiri dari Sultan Syarif Kasim  II. Berikut gue sertakan foto dari Eric Scada, biar agan-agan pada jelass. Hehe.

Lyra-Virna-dan-Eric-Scada

Lyra Virna dan Eric Scada

Jangan lupa bawa payung dan sunblock kalo jalan-jalan ke sini. Panas coy. :D. Tapi worth it lah untuk dilihat bagi para penyuka sejarah.

Sebenernya ada banyak yang bisa dibanggakan kalau kita menjadikan kerajaan sebagai salah satu destinasi wisata Indonesiadi daftar yang wajib dikunjungi. Bagaimana kita bisa melihat sisa-sisa semangat kebesaran dan kemegahan bangsa kita, cerminan harga diri yang tinggi, dan nasionalisme yang tak pernah padam.

Wisata Indonesia : Mempertemukan warisan dan pewarisnya, siapa pewarisnya? kita. :)

Suka artikel ini? Klik tombol share di bawah ini dan tinggalkan komentar kakak yach. Lebih keren lagi kalau kakak follow dan likes Miyu untuk update artikel terbaru :*

justjustia

 
Avatar of justjustia
i love being in everywhere as long as it's pink :3